Pages

Wednesday, 22 January 2014

INTEGRATED LEARNING



TOR INTEGRATED LEARNING
SMA ISLAM SINAR CENDEKIA
2013-2014

KELAS                  :              XII SOCIAL
PLATFORM         :              SEJARAH
TEMA                   :              REFORMASI 1998

SEJARAH

Tujuan:    
  • Siswa memperolah gambaran tentang hal yang terjadi di Indonesia sekitar Mei 1998 dalam konteks kesejarahan
  • Siswa mengetahui kaitan kondisi politik, sosial, dan ekonomi dalam peristiwa Mei 1998 dan kesamaan/perbedaannya dengan peristiwa sekitar 1966
  • Siswa dapat meletakkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar Mei 1998 dalam sebuah garis waktu yang kronologis untuk melihat pola kesejarahannya.
Materi:
Era Reformasi


PKN

Tujuan:

  • Siswa memperoleh gambaran tentang kondisi politik bangsa Indonesia di sekitar 1997-1998
  • Siswa mengetahui permasalahan politik yang menjadi penyebab jatuhnya Orde Baru
  • Siswa mendiskusikan/menyimpulkan kondisi yang harus dipertahankan/diusahakan/dihindari agar kondisi politik  terkait pergantian kepemimpinan di Indonesia bisa berjalan dengan lancar.

Materi: 
Hak berpendapat, korupsi, kolusi dan nepotisme, dan sistem pergantian kepala negara.

Kasus:
Jatuhnya Orde Baru di Indonesia tahun 1998.

SOSIOLOGI

Tujuan:
  • Siswa memperoleh gambaran tentang kondisi sosial bangsa Indonesia di sekitar 1997-1998
  • Siswa mengetahui penyebab kerusuhan Mei 1998, pengendalian yang dilakukan pemerintah dan masyarakat, dan perubahan yang terjadi pada masyarakat akibat reformasi.
  • Siswa mendiskusikan/menyimpulkan kondisi yang harus dipertahankan/diusahakan/dihindari agar Indonesia tidak lagi mengalami kerusuhan seperti kejadian Mei 1998.
Materi: 
Konflik sosial, pengendalian sosial, dan perubahan norma masyarakat, dan masyarakat multikultural.

Kasus:
Kerusuhan masal di Indonesia bulan Mei 1998.
EKONOMI

Tujuan:
  • Siswa memperoleh gambaran tentang kondisi ekonomi bangsa Indonesia di sekitar 1997-1998
  • Siswa mengetahui penyebab dan akibat krisis ekonomi 1998
    Siswa mendiskusikan/menyimpulkan kondisi yang harus dipertahankan/diusahakan/dihindari agar Indonesia tidak lagi mengalami krisis ekonomi.
Materi: 
Likuidasi perbankan, inflasi, krisis nilai tukar, utang negara, bubble economy, trickle down effect.

Kasus:
Krisis ekonomi di Indonesia sekitar tahun 1998.
 

BAHASA INDONESIA

Tujuan:
Siswa membuat esei tentang Reformasi 1998 

Materi: 
Teknik penulisan ilmiah



Nah, silakan dikripiki. Yang pedes gurih yaaa....

No comments:

Post a Comment