Pages

Saturday 21 September 2013

NO PROBLEM!

Di kelas, saya menggunakan 2 buku, buku paket Sejarah dan portofolio. Buku paket digunakan sebagai sumber utama, selain internet yang biasanya digunakan siswa tanpa saya suruh ^^. Sedang portofolio adalah hasil kerja siswa.

Karena menggunakan portofolio, maka saya tidak bisa terus-terusan menggunakan soal untuk menunjukkan hasil kerja siswa dalam portofolio, karena akan sangat membosankan dilihat. Lagipula, apa bedanya dengan buku catatan biasa?


Saya kira, inilah bagusnya menggunakan portofolio, karena guru jadi harus memikirkan aktifitas lain selain mengerjakan soal. Saya sendiri menggunakan beberapa aktifitas seperti soal dan jawaban, narasi, timeline, mindmap, kartu soal, lapbook, peta. Lumayanlah, sedikit ada perbedaan antara portofolio dengan buku catatan biasa.

Sebagai panduan siswa, saya menggunakan lembar yang saya sebut NO PROBLEM, yang diturunkan dari silabus. Isinya adalah tema yang akan kami bahas di kelas beserta kolom nilai untuk tiap tugas untuk mengisi portofolio.


Saya tidak memaksa siswa mengerjakan tugas di kelas. Asal tidak mengganggu dan tidak berkeliaran di luar kelas, saya izinkan mereka tidur, sibuk dengan gadget, atau main gitar. Yang jelas, saya tidak akan memberi ulangan dan hanya mengambil nilai dari portofolio. Jadi bila tidak mengerjakan, ya tidak ada nilai.

Yah, saya memang masih menggunakan nilai sebagai 'ancaman' agar siswa mengerjakan tugas. Apa boleh buat ^^;

No comments:

Post a Comment