Pages

Thursday 26 September 2013

BELAJAR SEJARAH DENGAN LAPBOOK

Sebelumnya saya ingin berterima kasih atas sharing ide dari Lala Mira Julia tentang lapbook ini. Tahun depan mau pake yang virtual juga, insya Allah. Ajarin yaaa....

Metode LAPBOOK saya gunakan untuk materi Kerajaan Hindu-Buddha (kelas XI program IPS) dan materi Mempertahankan Kemerdekaan (kelas XII program IPS). Perlu menjadi catatan bahwa SMA Islam Sinar Cendekia terdiri dari kelas kecil (10-15 orang) yang membuat beberapa hal dalam lesson plan ini mungkin tidak bisa langsung diterapkan di sekolah lain.

Berikut adalah garis besar dari lesson plan yang saya rancang:

Pertemuan 1 (80 menit)

Saya menyampaikan materi pengantar dengan menggunakan lapbook besar yang saya buat. Sambil menjelaskan, saya membuka tiap bagian lapbook yang sesuai.
Setelah menjelaskan, lapbook dipasang di papan tulis. Siswa kemudian diberi pertanyaan yang jawabannya bisa dicari di lapbook besar.

Hal yang diharapkan dari kegiatan di atas:
1. Siswa mengingat kembali materi yang dijelaskan.
2. Tanpa menjelaskan apapun, siswa bisa memahami apa yang disebut dengan lapbook dan bagaimana menggunakannya.

Kemudian saya menunjukkan beberapa model lapbook (unduh dari internet) dan manfaatnya. Kemudian, membagi tugas untuk masing-masing siswa. Terakhir, saya berpesan agar semua siswa membawa laptop pada pertemuan berikutnya.

Lapbook besar yang saya buat.


Pertemuan 2 (80 menit)

Saya memberi beberapa poin yang informasinya akan dicari oleh siswa, dilengkapi dengan banyak gambar/foto/ilustrasi. Seluruh jam pelajaran digunakan untuk browsing, lalu siswa mengirimkannya ke e-mail saya.

Hal yang diharapkan dari kegiatan di atas: 
Siswa bisa menggunakan kata kunci, mengetahui situs yang terpercaya, menelusuru informasi hingga ke sumber asal, mampu menilai relevansi dari informasi yang didapat.

Di luar kelas, saya mencetak semua tugas yang dikirim siswa lewat e-mail dan mengoreksi kelengkapan informasinya, lalu memberi nilai di kotak Let's Surf (lihat di tautan ini).

Sambil denger musik gapapa, asal hasilnya bagus & tepat waktu ^^


Pertemuan 3&4 (160 menit)

Saya membawa bahan untuk membuat lapbook berupa kertas berwarna, karton kecil, gunting, lem, spidol warna, dan sebagainya. Siswa menerima tugas yang dicetak, dan mulai membuat lapbook.

Hal yang diharapkan dari kegiatan di atas: 
Siswa bisa mengelompokkan informasi, berpikir logis dan diakronis, serta terpacu kreatifitasnya.

Berantakaaaaan....

Pertemuan 5 (80 menit)

Siswa mempresentasikan lapbook masing-masing. Siswa yang lain memperhatikan informasinya dan mengisi lembar peer assessment yang saya berikan. Setelah semua siswa presentasi, lapbook ditempel di dinding untuk melengkapi peer assessment.
Penilaian dari siswa digabung dengan penilaian dari saya. Nilai lapbook diisikan dalam kotak Sssh, I'm Working Here, dan nilai presentasi diisikan dalam kotak Attention, Please.

Hal yang diharapkan dari kegiatan di atas: 
Siswa mampu mengungkapkan informasi dengan baik.
Siswa mendapat penjelasan materi milik teman-teman yang lain.
Siswa mampu memberi penilaian objektif terhadap informasi lisan dan tulisan.

Kertas putih itu berisi kolom peer assessment


Pertemuan 6 (80 menit)


Siswa diminta membuka kembali lapbook yang dibuat, dan membuat pertanyaan tentang materi dalam lapbook masing-masing di kartu soal yang telah saya sediakan. Jumlah pertanyaan yang dibuat sama dengan jumlah teman sekelas. Setelah itu, lapbook ditempel di dinding.
Setelah itu siswa membagikan kartunya ke semua siswa, sehingga tiap siswa akan mendapat satu pertanyaan dari semua materi.
Setelah itu siswa mencari jawabannya di lapbook milik semua teman. Setelah selesai, semua kartu soal ditempel dalam portofolio siswa (yang menjawab) untuk saya nilai. Nilai dimasukkan dalam kotak I Ask You.

Hal yang diharapkan dari kegiatan di atas:
1. Siswa merekonstruksi kembali pengetahuan yang dimiliki dalam bentuk pertanyaan.
2. Siswa belajar kembali tentang materi milik teman lain.

Kertas kuning-merah-hijau adalah kartu soal yang belum dipotong2

Ketika saya menulis jurnal ini, siklus di atas baru selesai di kelas XI. Alhamdulillah kami menyelesaikan pembahasan 15 kerajaan/peninggalan dalam waktu 7 pertemuan. Kadang saya lupa mendokumentasikan jalannya pembelajaran, jadi tidak semua terekam dalam jurnal ini.

Di kelas XII, perkiraan saya, kami akan menyelesaikan 10 perjanjian/pemberontakan dalam 6 pertemuan, karena siswanya lebih sedikit.

No comments:

Post a Comment